Jowonews

Logo Jowonews Brown

Plesir

Goa Terawang Blora, Goa Prasejarah Dengan Pemandangannya Yang Eksotis

Goa Terawang Blora

Pernahkah kamu berkunjung ke Kabupaten Blora di Jawa Tengah? Jika iya, rasanya sangat disayangkan jika tidak mampir ke tempat wisata eksotis Goa Terawang Blora. Tepatnya di Kedungwungu Todanan, Kecamatan Todanan.

Gua Terawang adalah salah satu gua prasejarah di Blora. Menurut publikasi Pemerintah Kabupaten Blora, Goa Terawang berumur sekitar sepuluh juta tahun.

Goa Terawang atau Goa Srawang merupakan salah satu objek wisata alam berupa kompleks goa di atas lahan seluas 13 hektar. Gua ini terbentuk di endapan batugamping Pegunungan Kapur Utara, di tengah hutan jati di kawasan KPH Blora.

Wisata Goa Terawang Blora ini merupakan kompleks gua (terdiri dari beberapa gua). Setiap gua terhubung satu sama lain oleh lorong yang terbentuk secara alami. Panjang rute terpendek adalah tujuh puluh meter dan rute terpanjang adalah seratus delapan puluh meter. Nama-nama goa yang ada di kawasan Goa Terawang adalah Goa Kuncir, Goa Bebek, Goa Menggah, Goa Macan, Goa Pengilon dan Goa Gombak.



Berbagai Keunikan Goa Terawang

Tempat Raja Jawa Mencari Wangsit
Goa Terawang Todanan telah dikenal sejak masa raja-raja Jawa
Goa Terawang Todanan telah dikenal sejak masa raja-raja Jawa. Foto doc. Taufan Tetra

Gua Terawang Todanan sudah dikenal sejak zaman raja-raja Jawa sebagai tempat bersemedi untuk mendapatkan kekuatan mistik/wangsit. Pada masa penjajahan Belanda, goa ini menyimpan banyak sejarah karena sering digunakan untuk pertemuan Bupati Blora di RMA Cokronegoro dengan pejabat Belada. Konon di setiap akhir pertemuan selalu ada pesta dansa untuk para pejabat yang hadir.

Namun, pada masa Perang Kemerdekaan, Goa Terawang menjadi daerah pertahanan para pejuang melawan rezim kolonial.

Sebanyak 6 Goa Saling Terhubung
Goa Terawang Kabutan Blora
Foto: doc. Ahmad Syairin

Goa Terawang memiliki panjang parit lebih dari 180 meter dengan kedalaman 5 sampai 11 meter di bawah tanah. Sebelum memasuki goa, pengunjung harus menuruni anak tangga sepanjang 15 meter menuju mulut goa.

BACA JUGA  Bukit Tangkeban Pemalang, Surga Di Kaki Gunung Slamet

Di dalamnya terdapat stalagmit dan stalaktit yang diperkirakan berusia lebih dari 10 juta tahun. Di langit-langit gua, terdapat sejumlah lubang alami di lantai dengan ukuran berbeda, dan dari sinilah nama Terawang berasal.

Ventilasi seperti jendela di dalam goa, sehingga sirkulasi udara cukup baik, tidak pengap. Melalui lubang-lubang tersebut, kita bisa melihat pohon jati yang menjulang tinggi dan tanaman lain yang tumbuh di atas gua. Jika melangkah lebih jauh, kamu akan menemukan 5 gua yang saling berhubungan. Gua paling depan atau terluar adalah Terawang 1, begitu seterusnya hingga Terawang 5 berada di bagian terdalam.

Cahaya Matahari Masuk Dalam Goa
Wisata Goa Terawang
Foto: doc. Abdullah Manaf

Keistimewaan gua ini adalah pengunjung dapat mengamati dengan nyaman di siang hari. Gua ini juga memiliki enam sub gua lainnya dalam satu area.

Jika pengunjung datang saat matahari bersinar terik, maka kamu dapat menyaksikan keindahan cahaya atau siluet indah yang memasuki gua. Keindahan sinar matahari yang menyinari Gua Terawang sering dijadikan sebagai lokasi syuting.

Bagi pengunjung yang suka berfoto, keindahan Goa Terawang beserta siluet cahaya yang menyinari langit-langit goa memberikan rasa keindahan tersendiri. Pengunjung juga bisa berfoto area di luar goa, mengabadikan keindahan alam hutan jati dan satwa di sekitarnya. Ini dapat menjadi objek foto yang bagus. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan fasilitas rumah pohon yang disediakan oleh pengelola.

Satwa Liar Yang Jinak

Di hutan sekitar Goa Terawang ini banyak di huni oleh hewan lain seperti kera dan berbagai jenis burung. Pengunjung bisa leluasa berinteraksi dengan satwa yang ada tanpa ada batasan dari penjaganya.

Syawalan Goa Terawang Blora

Setiap tahun Goa Terawang mengadakan festival tahunan yang disebut Syawalan Goa Terawang. Acara berlangsung cukup meriah. Bahkan, ada juga band-band ternama yang tampil di festival tahunan ini, seperti Tony Q. Rastavara dan OM New Pallapa.

BACA JUGA  Omah Kembang Merbabu, Sensasi Suasana Swiss di Indonesia



Fasilitas Goa Terawang

Berikut berbagai macam fasilitas yang bisa anda nikmati saat menghabiskan waktu libur di Goa Terawang Blora:

  • Area parkir kendaraan yang luas
  • Toilet
  • Camping ground
  • Pusat informasi
  • Warung wisata
  • Pusat aksesoris, souvenir dan oleh-oleh
  • Persewaan alat susur gua
  • Gazebo dan tempat istirahat

Harga Tiket Masuk Goa Terawang

Untuk menikmati pesona Blora Jawa Tengah, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Di Blora terdapat banyak spot piknik menarik yang akan memanjakan perjalanan liburan kamu bersama keluarga.

Tiket masuk tempat wisata alam di Goa Terawang ini Rp 7.000/orang, sangat murah bukan?

Meski tiket masuk Goa Terawang sangat murah, namun daya tarik keindahan yang dihadirkan tidaklah murah. Dengan tiket yang murah, Kamu dapat menikmati keindahan Gua Terawang Blora sepuasnya.

Untuk mengunjungi objek wisata Goa Terawang ini, buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Biaya masuk objek wisata Goa Terawang dapat berubah sewaktu-waktu dan belum termasuk biaya parkir.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...