Jowonews

Logo Jowonews Brown

Plesir

Kebun Teh Kemuning Karanganyar, Hamparan Pesona Kebun Teh Di Kaki Gunung Lawu

Kebun Teh Kemuning

Terletak di kaki Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar, Kebun Teh Kemuning menjadi destinasi menarik bagi masyarakat Solo dan sekitarnya. Karanganyar menyediakan berbagai tempat wisata alam yang menarik. Selain Tawangmangu, tempat wisata alam yang cukup populer adalah Kebun Teh Kemuning.

Suasana perkebunan teh yang sejuk dan cenderung dingin biasa digunakan sebagai tempat menghilangkan rasa penat dari rutinitas. Berbagai fasilitas lain yang ditawarkan pengelola seperti outbound, camping, jelajah kawasan teh, atau menikmati secangkir teh panas juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Sekilas Kebun Teh Kemuning

Kebun Teh Kemuning merupakan salah satu peninggalan Belanda pada masa penjajahan dulu. Perkebunan ini didirikan berdasarkan perjanjian Belanda dengan Pemerintah Mangkunegaran.

Perkebunan ini telah ada sejak tahun 1925 dan pertama kali dikelola oleh perusahaan NV. Cultuur Maatschappij Kemuning, yakni perusahaan milik Pemerintah Belanda.
Kebun Teh Kemuning berada di lereng Gunung Lawu dengan ketinggian berkisar antara 800 s.d. 1.540 mdpl. Maka tak heran dengan ketinggian tersebut suhu udara di lokasi ini cukup dingin, yakni kisaran 21 derajat celcius.

Sementara itu, luas perkebunan ini mencapai 1.501 hektar. Perkebunan terbagi menjadi beberapa area berdasarkan guna wilayah.

Kebun Teh Kemuning Karanganyar, untuk saat ini dikelola oleh PT. Sumber Abadi Tirta Sentosa sejak tahun 2004. Sejak saat itu pula mulai banyak fasilitas wisata yang dibangun di kawasan kebun teh tersebut.

Saat Anda berkunjung ke ke Candi Cetho atau Candi Sukuh, kebun teh ini bisa menjadi destinasi alternatif yang bisa Anda kunjungi

Daya Tarik Kebun Teh Kemuning Karanganyar

Seperti yang telah dijelaskan di atas, setelah pergantian pengelolaan sejak tahun 2004, terdapat pengembangan kawasan, sehingga lokasi ini lebih menarik untuk dikunjungi. Berikut beberapa daya tarik dan kegiatan-kegiatan seru yang perlu dicoba ketika mengunjungi lokasi ini.

Spot Foto dan Bentang Keindahan Alam

Daya tarik utama kawasan perkebunan teh ini adalah bentang panorama alam yang menyegarkan mata. Saat pertama kali masuk ke lokasi ini, pengunjung akan melihat hamparan pohon teh berwarna hijau yang sangat luas membentang bagaikan karpet hijau.

Pemandangan semakin menarik ketika berkombinasi dengan biru langit dan awan putih yang menghiasi angkasa. Pondok-pondok kecil atau saung yang dibangun di tengah kebun juga menambah kesan natural dan eksotis.

Selain itu, di lokasi ini juga terdapat beragam spot foto menarik dan instagramable yang dapat dimanfaatkan wisatawan untuk mengabadikan momen liburan bersama keluarga.

Spot-spot populer di lokasi tersebut antara lain Lembah Katresnan yang menyajikan pesona hamparan lembah kebun teh. Ada juga gardu pandang yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan latar belakang perkebunan teh dari ketinggian.

BACA JUGA  Omah Kembang Merbabu, Sensasi Suasana Swiss di Indonesia

Selain lokasi yang memikat dan menyegarkan mata, pengunjung juga dapat merasakan langsung hembusan angin segar pegunungan yang terasa lembut dan sejuk. Suasana seperti ini sangat tepat dimanfaatkan sebagai tempat untuk menenangkan diri dan menghilangkan penat dari rutinitas harian.

Jelajah Kawasan Perkebunan Teh
Jelajah Kebun Teh menggunakan mobil Jeep

Untuk menikmati perkebunan teh yang luas, Anda tak perlu berjalan kaki untuk mengelilinginya. Perngelola telah menyiapkan fasilitas kendaraan jeep yang siap mengantarkan pengunjung berkeliling menikmati keindahan alam tempat ini.

Selain itu, pengunjung atau wisatawan juga akan diajak untuk berpetualan melewati medan offroad yang dapat memacu adrenalin.

Kawasan kebun teh yang luas membuatnya menjadi arena terbaik untuk dijelajahi saat berkunjung. Anda pun tidak harus berjalan kaki karena banyak fasilitas kendaraan yang bisa Anda nikmati di tempat ini seperti misalnya Jeep.

Selain mobil Jeep, pengunjung juga dapat memanfaatkan fasilitas motor ATV untuk merasakan sensasi lain yang berbeda. Dengan motor ATV ini pengunjung akan disuguhkan area berlumpur dan tanah yang licin yang membuat perjalanan akan semakin seru.

Fasilitas lain di lokasi ini yang lebih menantang adalah paralayang. Dengan memanfatkan paralayang ini pengunjung dapat menyaksikan hamparan perkebunan teh dan pemandangan di bawah secara lebih luas. Fasilitas paralayang merupakan salah satu fasilitas yang paling diburu oleh para pengunjung.

Semua aktivitas penjelajahan tersebut dapat menjadi momen liburan Anda menjadi begitu berkesan.

Bersantai Menikmati Teh

Setelah puas berkeliling dan menikmati aktivitas keseruan di kebun teh, kini saatnya bersantai sembari menikmati harum wangi wedang teh dan menikmati lezatnya kuliner.

Suasana hamparan kebun teh berwarna hijau dan hembusan udara yang dingin akan membuat setiap seduhan teh hangat akan terasa semakin bermakna dan dapat memberikan ketenangan. Selain teh original khas Karanganyar, tersedia juga rasa teh lainnya yang dapat Anda nikmati.

Di sekitar area Kebun Teh Kemuning Karangayar terdapat beberapa tempat makan atau cafe yang dapat Anda coba. Tempat makan tersebut antara lain:

Bale Branti

Bale Branti

Saat berkunjung ke kebun teh di lereng Gunung Lawu ini rasanya kurang lengkap jika tidak mencicipi kuliner yang tersaji di Bale Branti. Rumah makan milik BumDes ini menyediakan berbagai menu yang memanjakan lidah.

Sejumlah menu favorit yang dapat dipesan antara lain Sego Kumbokarnan, Sego Tani Rukun, Sego Rewangan, dan lain sebagainya. Selain makanakan, juga terdapat menu minuman favorit yang biasa dipesan oleh pengunjung, seperti teh hitam, teh hijau, hingga teh putih yang langka.

Selain menawarkan kelezatan rasa, rumah makan ini juga menawarkan pemandangan perkebunan teh yang memanjakan mata.

Lokasi rumah makan Bale Branti terletak setengah kilometer sebelum memasuki area Kemuning.

BACA JUGA  Manggala Farm Banyumas, Menikmati Nuansa Peternakan Ala New Zealand

Bali Ndeso Resto

Bali Ndeso Resto

Tempat makan ini berdiri sejak tahun 2016 silam. Lokasi ini sangat mudah dijangkau dengan pemandangan yang cantik. Sayang sekali ke lokasi ini apabila tidak mengambil gambar atau foto bersama keluarga.

Spot-spot yang tersedia di lokasi ini sangat menarik, sebut saja seperti bangunan rumah Joglo (rumah adat Jawa) yang dilengkapi dengan ukiran-ukiran Jawa. Rumah Joglo tersebut difungsikan sebagai pendopo atau tempat berkumpul.

Menu yang ditawarkan di Bali Ndeso Resto juga beragam, mulai dari kuliner tradisional seperti Gudeg Kampung, Gudeg Suwir, Gudeg Bebek, hingga Lontong Opor Sambel Goreng. Selain itu juga terdapat banyak pilihan minuman mulai dari yang tradisonal hingga modern atau kekinian.

Rumah Teh Ndoro Donker

Rumah Teh Ndoro Donker Karanganyar
Rumah Teh Ndoro Donker Karanganyar

Menurut cerita yang berkembang, nama Ndoro Donker diambil dari salah seorang warga Belanda yang dihormati oleh masyarakat pada saat itu. Rumah teh yang digunakan ini konon merupakan peninggalan dari Sang Ndoro.

Selain menikmati nuansa klasik dengan segala pernak-perniknya di bagian bangunan utama, pengunjung juga dapat mengambil tempat di teras belakang untuk menyaksikan pemandangan kebun teh yang sangat cantik.

Menu andalan dari tempat makan ini adalah minuman yang serba teh. Mulai dari earl gray, apricot, camomile, peach, english green tea dan masih banyak menu teh lainnya yang diseduh dengan air panas.

Sementara makanan yang tersedia di Rumah Teh Ndoro Donker juga relatif beragam, seperti Iga Bakar, Ayam Panggang, Nasi Goreng, Mie Rebus, Chicken Steak, dan lain sebagainya.

Lokasi Rumah Teh ini terletak di kiri jalan arah kebun teh Kemuning tepatnya di Jl. Afdeling Kemuning No 18 Kemuning.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk kawasan Kebun Teh, pengunjung tidak dikenakan tarif masuk atau biaya. Namun, pengunjung akan dikenakan biaya saat memanfaatkan fasilitas atau layanan yang disediakan pengelola.

Lokasi dan Rute Menuju Kebun Teh Kemuning

Lokasi Kebun Teh Kemuning berada di Desa Sumbersari, Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Jarak tempuh dari Kota Surakarta sekitar 1 jam 10 menit atau sejauh sekitar 41 km.

Untuk lebih mudahnya, Anda dapat memanfaatkan navigasi rute terbaik menggunakan petunjuk dari Google Maps. Klik di sini atau lebih maps di bawah ini.

Untuk tujuan wisata, kebun teh ini dapat Anda kunjungi setiap hari mulai pukul 04.30 WIB hingga 17.00 WIB. Namun untuk untuk tujuan camping/berkemah lokasi ini dapat dinikmati selama 24 jam penuh dengan laporan terlebih dahulu.

Sebelum berkunjung atau berkemah, usahakan melihat tren cuaca terlebih dahulu. Usahakan datang berkunjung saat musim kemarau, agar Anda terhindar dari awan mendung atau hujan yang turun selama liburan. Dengan begitu kunjungan ke Kebun Teh Kemuning bisa terasa lebih menyenangkan.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...