Jowonews

Logo Jowonews Brown

Madhang

Kesongo Transit Point, Cuci Mobil dan Makan Sembari Menikmati Keindahan Danau Rawa Pening

Kesongo Transit Point

SALATIGA – Rawa Pening merupakan danau alami di Kabupaten Semarang yang dikenal dengan pesona bentang alamnya yang menawan. Beberapa destinasi wisata didirikan di sekitar danau untuk menikmati keindahan alam ini. Salah satu yang baru-baru ini didirikan adalah Kesongo Transit Point.

Berbeda dengan destinasi lainnya yang sudah ada, tempat ini memadukan tren kekinian dengan kearifan lokal untuk menarik minat pengunjung.

Bangunan Kesongo Transit Point terbuat dari 14 kontainer yang disusun menjadi tiga lantai. Dari lantai atas, pengunjung dapat menikmati pemandangan Rawa Pening dan lima gunung mulai dari Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, Gunung Gajah, Gunung Ungaran, hingga Gunung Andong.

Ada dua keuntungan sekaligus yang didapatkan pengunjung ketika mengunjungi lokasi ini, yakni menikmati berbagai pilihan menu makanan dengan pemandangan menawan, sekaligus cuci mobil menggunakan sistem robotic modern.

Jadi saat berkunjung ke destinasi ini perut kenyang, perasaan nyaman, dan mobil sudah bersih berkilauan.

Keunikan Kosongo Transit Point

Resto dengan Beragam Menu Kuliner Nusantara

Selain terdapat resto dan coffee shop, di Kesongo Transit Point juga terdapat area food court khusus kuliner tradisional, menu Nusantara dan restoran keluarga dengan beragam menu pilihan. Menu tersebut mulai dari Chinese Food, Western Food, hingga Arabian Food.

Diantara menu tradisional yang tersedia di lokasi ini antara lain Nasi Gandul, Nasi Mangut, Asem-asem Iga, Ayam Geprek, dan Ayam Kremes.

Hadirnya food court di area ini juga untuk memberi ruang kepada Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar ekonomi semakin menggeliat seiring pandemi Covid-19 yang mulai terkendali.

Tempat Cuci Mobil dengan Sistem Robotic Modern
Kesongan Carwash
Cuci mobil menggunakan sistem robotic

Di kota-kota besar, cuci mobil dengan sistem robotik atau robotic carwash sangat mudah dan lazim dijumpai. Namun di daerah-daerah, tempat cuci mobil dengan sistem seperti ini belum begitu banyak, seperti halnya di daerah Salatiga dan sekitarnya.

BACA JUGA  Svargabumi Borobudur Magelang, Wisata Tengah Sawah Yang Instagramable

Keunggulan cuci mobil robotic ini lebih praktis dibandingkan mencuci mobil secara konvensional. Beberapa keunggulannya adalah lebih hemat waktu dan dapat mengurangi potensi cat mobil tergores.

Bangunan Terbuat dari Susunan Kontainer Bekas
Bahan bangunan utama terbuat dari kontainer bekas

Bangunan utama di lokasi ini terdiri dari 14 kontainer yang disusun menjadi tiga lantai. Kontainer untuk saat ini memang sering dijadikan sebagai bangunan cafe atau tempat makan di kota-kota besar. Kontainer bekas dimanfaatkan untuk memberikan kesan kekinian di lokasi ini.

Selain suasana kekinian dari kontainer bekas, dari lantai paling atas bangunan ini dapat menyaksikan landscape Danau Rawa Pening yang terbentang luas dengan latar lima gunung sekaligus.

Terdapat 38.000 Tanaman Li Kuan Yu
Tanaman Li Kuan Yu ditanam mengelilingi lokasi

Untuk menambah keasrian dan nuansa alami, pengelola menanam 38.000 tanaman Li Kuan Yu atau biasa juga disebut tanaman janda merana yang berjuntai hijau mengelilingi seluruh bangunan.

Tanaman ini berbentuk elips, yang biasa dimanfaatkan sebagai taman vertikal. Pasalnya, tanaman ini memanfaatakan tempat vertikal seperti dinding untuk menjulurkan batang-batang dan dedaunannya yang ringan. Batangnya mampu menjalar sepanjang 0.5 hingga 3 meter.

Lokasi Kesongo Carwash & Transit Point

Lokasi ini berada di Jl. Fatmawati, Sejambu, Kesongo, Kec. Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50773 (Berada di samping Jalan Semarang – Solo)

Untuk lebih mudahnya dapat mengikuti navigasi dari Google Maps di bawah ini atau klik di sini.

Jam Operasional

Jam Operasional Food Court Pukul 08.00 – 22.00 WIB

Carwash Pukul 08.00 – 19.00 WIB

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Baca juga berita lainnya...