Jowonews

Logo Jowonews Brown

Plesir

Manggala Farm Banyumas, Menikmati Nuansa Peternakan Ala New Zealand

Manggala Farm Banyumas

Tak perlu pergi ke luar negeri untuk merasakan sensasi suasana padang bukit ala New Zealand. Hal ini karena suasana seperti ini dapat dinikmati di Manggala Farm Banyumas.

Hamparan sabana dengan rimbunnya rumput hijau luas membentang, kontur tanah berbukit, ditambah beberapa ekor sapi yang dilepas bebas, akan mengingatkan kita pada keindahan alam Negari Kiwi tersebut. Inilah gambaran suasana Manggala Farm yang kini tengah viral di media sosial.

Bukit Manggala Cilongok atau yang juga disebut Baturraden Farm Manggala merupakan salah satu bagian Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BBPTU-HPT) Area Manggala berlokasi di Desa Karang Tengah, Cilongok, Kabupaten Banyumas. Selain menyuguhkan pemandangan ala New Zealand, pengunjung juga dapat melakukan studi ternak dan dan belajar memerah susu sapi secara langsung. Sapi yang dikembangkangbiakan di BBPTU-HPT ini terdiri dari sapi perah dan pedet (anak sapi).

Di Banyumas BBPTU-HPT memiliki lima wilayah meliputi area Farm Kambing Perah, area Farm Limpakuwus, dan area Farm Tegalsari yang berjarak 15 km di utara Kota Purwokerto, sementara area Manggala farm dan Farm Munggangsari berada di 30 km di barat Kota Purwokerto.

Namun dari beberapa lokasi farm tersebut, Manggala Farm menjadi lokasi paling populer diserbu pengunjung. Dengan ketinggian kurang lebih 700 meter di atas permukaan laut, selain menyajikan kontur sabana dan perbukitan ala New Zealand, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan Kota Purwokerto dari ketinggian.

Ragam Aktivitas di Manggala Farm Cilongok

Saat berkunjung ke Manggala Farm Cilongok, terdapat beberapa aktivitas seru dan unik yang dapat dilakukan. Beberapa diantaranya seperti ulasan di bawah ini.

Tempat Edu Wisata
Pengunjung dapat menggendong anak domba di Manggala Farm Banyumas. Foto: IG @wiwithandayani92

Karena berada di lokasi peternakan, pengunjung dapat melakukan edu wisata dengan belajar beternak atau belajar memerah susu sapi secara langsung. Selain itu, pengunjung juga dapat memberi susu anak domba atau menggendongnya.

BACA JUGA  Keindahan Alam Telaga Ranjeng Brebes dan Misteri yang Melingkupinya

Aktivitas seru lainnya adalah pengunjung dapat belajar menggembalakan domba di alam terbuka. Bagi anak-anak, aktivitas ini akan memberikan pengalaman seru dan mengesankan.

Selfie Ala Suasana New Zealand

Pada pagi hari pengunjung dapat melihat beberapa sapi perah dan domba-domba yang dilepas bebas mencari makan di ladang milik Manggala Farm. Momen ini dapat dimanfaatkan untuk mengambil gambar foto dengan latar Sapi beserta hamparan sabana hijau Bukit Manggala.

Perlu diketahui, wilayah sabana di Bukit Manggala ini juga sering digunakan sebagai spot foto keren. Bahkan tak jarang, pengunjung yang datang hanya untuk mengambil beberapa foto instagramable dan foto estetik di hamparan padang rumput hijau yang indah tersebut.

Menikmati Suasana Alam

Bukit Manggala Cilongok juga cocok untuk pengunjung yang menyukai kegiatan outdoor. Kontur alam yang berbukit dapat dimanfaatkan untuk kegiatan trekking, sembari menikmati landscape alam yang memanjakan mata.

Selain pemandangan yang indah, pengunjung juga dapat merasakan udara khas pegunungan yang berhembus sejuk dan menyegarkan.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Terkait fasilitas, lokasi ini belum menyediakan fasilitas seperti toilet atau pusat kuliner yang memadai. Namun, jika sekadar hanya untuk menikmati jajanan ringan, beberapa warung penjual makanan dan minuman tersedia di sekitar lokasi ini.

Sementara itu, untuk masuk ke lokasi Manggala Farm, Banyumas, untuk saat ini tidak dikenakan tarif sama sekali alias gratis. Kita hanya perlu mengeluarkan uang untuk biaya parkir sebesar Rp. 2.000 untuk setiap motor.

Rute Menuju Lokasi

Untuk menuju lokasi Manggala Farm ini, pengunjung memerlukan waktu tempuh sekitar 45 menit perjalanan dari pusat kota Purwokerto.

BACA JUGA  Kebun Teh Kemuning Karanganyar, Hamparan Pesona Kebun Teh Di Kaki Gunung Lawu

Untuk memandu perjalanan menuju lokasi, pengunjung dapat memanfaatkan fasilitas Google Maps dengan mengetikkan BBPTUHPT BATURRADEN FARM MANGGALA atau melihat navigasi di bawah ini.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum mengunjungi lokasi ini adalah memastikan kendaraan dalam kondisi prima. Medan jalan menuju lokasi cukup menguji adrenalin. Jalanan menanjak dan menurun, berliku-liku, dan beberapa titik jalan tikungan cukup tajam.

Demikian ulasan terkait Manggala Farm. Jika berlibur ke Purwokerto, tak ada salahnya untuk menjadikan lokasi ini sebagai salah satu destinasi tujuan. Selamat menikmati suasana alam ala New Zealand di Indonesia.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...

Tak perlu pergi ke luar negeri untuk merasakan sensasi suasana padang bukit ala New Zealand. Hal ini karena suasana seperti ini dapat dinikmati di Manggala Farm Banyumas.