Jowonews

Logo Jowonews Brown

Plesir

Black Canyon Petungkriyono Pekalongan, Surga Tersembunyi di Jawa Tengah

Black Canyon Petungkriyono

Jika Amerika punya Grand Canyon, maka Pekalongan Punya Black Canyon. Pekalongan tak hanya terkenal dengan ciri khas batiknya, Pekalongan juga mempunyai beberapa destinasi wisata alam yang indah dan memukau. Salah satunya adalah Black Canyon petungkriyono.

Sekilas nama objek wisata ini terdengar seperti destinasi wisata Grand Canyon di Amerika Serikat. Namun, Black Canyon ini merupakan destinasi wisata asli buatan alam yang berada di Pekalongan Jawa Tengah. Lokasi ini juga biasa disebut dengan Kedung Sipingit.

Destinawsi wisata Black Canyon Pekalongan bisa jadi salah satu opsi bagi pencinta wisata air. Aliran air sungai di Petungkriyono sangat jernih, karena langsung bersumber dari mata air alami. Selain itu juga terdapat air terjun yang terdiri dari kolam berundak atau warga setempat menyebutnya kedung, yang diapit oleh tebing-tebing batu.

Lokasi ini biasa disebut dengan Black Canyon karena pemandangan tebing batu berwarna hitam yang mengapit pada bagian kiri dan kanan. Air yang berasal dari aliran sungai welo ini juga berwarna jernih kebiruan.



Aktivitas di Kedung Sipingit atau Black Canyon Pekalongan

Ada beragam aktivitas yang dapat dilakukan di kawasan Ekowisata Petungkriyono ini. Beberapa aktivitas tersebut antara lain:

Ciblon atau Mandi Air Di Sungai
Kedung Sipingit Pekalongan

Air yang mengalir di sungai ini sangat jernih, sehingga sangat menggoda bagi siapa pun yang melihatnya untuk segera berendam, dan merasakan kesegaran airnya. Masyarakat setempat menyebut aktivitas ini dengan sebutan “Ciblon”.

Terkait keamanan dan keselamatan, pengunjung dapat mengenakan rompi pelampung yang disediakan oleh pengelola.

Di Kedung Sipingit atau Black Canyon Petungkriyo ini terdapat dua kedung, yakni kedung atas dan bawah. Kedalamannya bisa mencapai 3,5 meter saat musim kemarau. Semntara di musim penghujan kedalaman kedung mencapai 5 meter dan 7 meter.

BACA JUGA  Svargabumi Borobudur Magelang, Wisata Tengah Sawah Yang Instagramable
River Trekking dan River Tubing

Bagi wisatawan yang menyukai kegiatan pemacu adrenalin, dapat mencoba beberapa wahana seperti river tubing, kano, body rafting, hingga river trekking.

Aliran Sungai Welo yang cukup deras, akan membuat aktivitas-aktivitas tersebut terasa lebih seru dan menantang. Apalagi menikmati keseruan ini bersama teman-teman lainnya.

Selain itu, aliran air sungai yang jernih juga membuat tubuh dan pikiran lebih segar untuk meredakan penat setelah menjalani rutinitas.

Perihal keamanan, pengunjung tak perlu risau. Di area wisata Black Canyon Pekalongan ini terdapat petugas pengawas yang senantiasa siap memberikan bantuan kepada para pengunjung.

Berkemah atau Camping

Tak hanya kegiatan di air, wisatawan juga dapat menikmati suasana alam terbuka dengan melakukan kegiatan berkemah atau camping di area ini. Saat cuaca cerah dari lokasi ini dapat melihat bintang berkilauan di malam hari. Suasana angin pegunungan yang sejuk juga memberikan efek segar dan menenangkan.

Sementara itu, dari lokasi camping ini juga terhampar bentang pemandangan persawahan dan perbukitan yang menambah kesan alami.

Bagi yang ingin lebih menikmati lokasi ini, wisatawan juga dapat memanfaatkan fasilitas homestay untuk menginap. Homestay ini berada di Dusun Tinalum.

Kopi Khas Petungkriyo dan Makanan Tradisional

Setelah lelah menikmati beraktivitas dan menikmati wahana yang tersedia, wisatawan dapat beristirahat melepas lelah sembari menikmati kopi asli Petungkriyo. Pilihan kopi yang tersedia antara lain Kopi Petung Robusta dan Arabika. Bagi yang suka dengan kopi manis, dapat menambahkan gula semut aren organik.

Sementara itu juga tersedia makanan tradisional khas setempet, antara lain urap pakis, kue pasung, combrang, cimolpung puhung, dan makanan lainnya.

BACA JUGA  Taman Langit Purwokerto, Makan Enak dengan Landscape Menakjubkan

Menikmati minuman dan makanan akan terasa lebih nikmat sembari menikmati pemandangan indah di area lokasi ini. Pengunjung dapat menikmati gazebo-gazebo yang tersedia sebagai tempat makan.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di lokasi ini cukup menunjang kebutuhan pengunjung. Fasilitas tersebut antara lain:

Fasilitas Wisata
  • Toilet
  • Musholla
  • Gazebo
  • Spot Foto
  • Parkir Luas
  • Pusat informasi dan persewaan alat tubing
  • Warung wisata
  • Rumah Makan
  • Taman Bermain
Fasilitas Camping
  • Toilet
  • Musholla
  • Lampu Penerangan
  • Penjagaan mulai pukul 18.00 – 22.00 WIB



Lokasi Kedung Sipingit Petungkriyono

Lokasi dari Black Canyon Petungkriyo atau Kedung Sipingit Pekalongan ini berlokasi di Desa Kayu Puring, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Jarak tempuh dari pusat Kota Pekalongan sekitar 30 Km atau dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 10 menit menggunakan kendaraan pribadi. Untuk lebih mudahnya dapat memanfaatkan navigas Google Maps di bawah ini atau klik di sini.

Harga Tiket Masuk dan Wahana Black Canyon Petungkriyono

Berdasarkan informasi dari Instagram resmi @blackcanyonpetungkriyono, berikut harga tiket masuk dan fasilitas lainnya di area wisata ini:

  • HTM Umum: Rp. 5.000/orang
  • Sewa Pelampung: Rp. 10.000/orang
  • HTM Camping (termasuk pelampung): Rp. 20.000/orang
  • Biaya Lahan: Rp. 10.000/tenda
  • Jasa penitipan motor: Rp. 3.000/motor
  • Jasa Penitipan mobil: Rp. 5.000/motor

Tips Berkunjung

Agar perjalanan liburan lebih menyenangkan dan lancar, ada beberapa tips kunjungan yang dapat diperhatikan. Tips-tips berikut ini semoga dapat membantu:

  • Kunjungi obyek wisata di waktu terbaik. Yaitu saat cuaca cerah atau di waktu pagi hari.
  • Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan prima.
  • Bawa uang lebih , baju ganti dan siapkan kamera untuk dokumentasi foto atau video di Kedung Sipingit Petungkriyono.
  • Tetap jaga kelestarian alam, keindahan, kebersihan area wisata

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...