Jowonews

Logo Jowonews Brown

Plesir

Planetarium UIN Walisongo, Eksplorasi Langit Melalui Planetarium Terbesar di Asia Tenggara

Planetarium UIN Walisongo

SEMARANG – Perguruan tinggi tak hanya menjadi pusat ilmu pengetahuan, tetapi juga menjadi wadah untuk mengeksplorasi keajaiban alam semesta. Di Indonesia, UIN Walisongo Semarang menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang menyajikan pengalaman luar biasa melalui planetarium terbesar se-Asia Tenggara.

Meskipun berlokasi di dalam kampus, planetarium ini tidak hanya terbuka bagi kalangan mahasiswa atau dosen di UIN Walisongo, melainkan juga untuk masyarakat umum yang ingin memperluas pengetahuan mereka mengenai antariksa.

Planetarium ini akan menyediakan layanan untuk publik, termasuk wisata religi dalam bentuk edu-astronomi. Ini mencakup pemutaran film dokumenter yang fokus pada astronomi dan simulasi yang menjelaskan fenomena alam dengan memberikan pengalaman langsung di dalam ruang planetarium.



Planetarium UIN Walisongo

Terletak di UIN Walisongo, Tambakaji, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah, bangunan planetarium ini mengajak masyarakat umum untuk menambah wawasan mereka tentang antariksa.

Gedung planetarium UIN Walisongo memiliki fungsi ganda sebagai observatorium dan planetarium. Selain untuk keperluan penelitian, planetarium ini dijadikan destinasi wisata edukatif di Jawa Tengah. Rencananya, planetarium ini akan dibuka untuk umum dan dapat dikunjungi oleh perorangan maupun rombongan dari berbagai instansi.

Dengan desain berbentuk kubah setengah lingkaran, planetarium ini memvisualisasikan susunan dan gerakan bintang-bintang di langit. Menghadirkan pengalaman serupa dengan bioskop, planetarium ini memberikan sensasi kepada penonton seolah-olah mereka berada di tengah-tengah bola langit.

Sementara itu, observatorium yang menjadi bagian dari kompleks ini dilengkapi dengan berbagai peralatan, termasuk teleskop dan teropong bintang, yang diperlukan untuk kegiatan pengamatan dan penelitian ilmiah tentang bintang-bintang.

Fasilitas Unggulan di Planetarium UIN Walisongo

Beberapa fasilitas yang ditawarkan di planetarium ini mencakup:

Empat Lantai Multifungsi

Planetarium UIN Walisongo dirancang dengan empat lantai. Lantai pertama berfungsi sebagai museum dan galeri untuk menampilkan koleksi benda astronomi. Lantai kedua menjadi kantor administrasi, sedangkan lantai tiga menjadi lokasi planetarium. Terakhir, lantai empat merupakan ruang terbuka yang berfungsi sebagai observatorium.

BACA JUGA  Menyelami Keindahan Candi Umbul Magelang, Pemandian Kuno Sejak Abad Ke-8 Masehi

Ruang Show Planetarium

Disediakan fasilitas berupa penampilan video-video menarik mengenai benda langit di ruang show planetarium. Dengan kapasitas hingga 190 penonton, kursi yang elegan dan berbentuk melingkar memungkinkan penonton menikmati pandangan ke layar kubah yang terletak di bagian atas. Meja operator digunakan untuk memutar simulasi video. Dengan menggunakan planetarium, penonton dapat menyaksikan simulasi rukyatul hilal dengan gambar yang sangat jelas, bahkan tanpa kacamata khusus. Ruangan ini cocok untuk semua usia, dari anak-anak hingga dewasa.

Teropong Lengkap

Planetarium dilengkapi dengan tiga teropong, yaitu teropong besar untuk melihat objek kedalaman langit (deep sky object), teropong hilal, dan teropong matahari. Teropong hilal digunakan untuk rukyatul hilal dalam menentukan awal bulan Ramadan. Ditambah dengan teropong portable yang dapat ditempatkan di titik lain untuk membantu pengamatan.



Jadwal Show Planetarium UIN Walisongo

Pengunjung yang datang ke planetarium akan disuguhkan dengan show mengenai benda-benda langit. Show diadakan di hari Selasa-Sabtu dengan 4 kali sesi show, berikut detailnya:

  • Show 1: 09.00 WIB
  • Show 2: 11.00 WIB
  • Show 3: 13.00 WIB
  • Show 4: 15.00 WIB
  • Selain itu, terdapat pula show spesial yang diadakan di hari Jumat dan Sabtu, berikut detailnya:

Jumat
Show 1: 15.00 WIB

Sabtu
Show 1: 11.00 WIB
Show 2: 15.00 WIB

Untuk mengikuti show ini, pengunjung dapat registrasi atau membeli tiket sejak 2 jam sebelum show dimulai.

Tarif Layanan

Untuk masuk ke planetarium dan menonton show tersebut, pengunjung dikenakan biaya tertentu, berikut detailnya:

Weekday (Senin-Jumat)

  • Anak-anak (2-12 tahun) : Rp 25.000
  • Dewasa (>12 tahun) : Rp 35.000

Weekend (Sabtu-Minggu)

  • Anak-anak (2-12 tahun) : Rp 40.000
  • Dewasa (>12 tahun) : Rp 50.000

Kabar gembira untuk civitas akademika UIN Walisongo Semarang, meliputi mahasiswa, dosen, dan pegawai, jika ingin masuk ke planetarium maka harga yang tertera di atas akan di diskon sebesar 50%, sehingga hanya perlu membayar setengah harga saja.

BACA JUGA  Pantai Klotok Wonogiri, Pantai Cantik Yang Kian Berseri
Prosedur Pemesanan Tiket Show

Bagi pengunjung yang ingin menonton show di planetarium, perlu mengetahui prosedur pemesanan tiket show tersebut, berikut prosedurnya:

Rombongan

  • Kunjungan minimal diikuti oleh 40 orang.
  • Hubungi admin melalui chat WA di nomor 0877-2654-7050.
  • Mengirimkan surat permohonan kunjungan berupa hard file maupun soft file (pdf) ke admin maksimal 7 hari sebelum kunjungan.
  • Pengunjung diharapkan bisa konfirmasi ulang terkait kunjungan maksimal h-1 dari hari kunjungan.
  • Umum
  • Datang sesuai jadwal yang tertera
  • Pembelian tiket dilakukan secara offline atau on the spot
  • Tiket sudah dapat dibeli 2 jam sebelum show dimulai

Demikian informasi mengenai Planetarium UIN Walisongo Semarang. Semoga bermanfaat!

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...