Jowonews

Logo Jowonews Brown

Plesir

Rekomendasi Tempat Wisata Bandungan Semarang, Cocok Untuk Liburan Akhir Pekan

Tempat wisata Bandungan Semarang berikut ini bisa menjadi rekomendasi bagi Anda untuk menikmati liburan akhir pekan dengan suasana alam yang sejuk.

Masyarakat Semarang dan sekitarnya pasti familiar dengan nama Bandungan. Terletak di lereng Gunung Ungaran, Kabupaten Semarang, Bandungan menawarkan banyak opsi wisata. Oleh karena itu, tak mengherankan jika berbagai penginapan didirikan di sekitar wilayah ini karena telah lama menjadi tujuan wisata sejak masa kolonial Belanda.

Biasanya, suhu di Bandungan berkisar antara 16°-19°celcius sehingga akan terasa cukup sejuk saat melakukan aktivitas wisata di wilayah ini. Karena suhunya yang cukup sejuk, mudah menemukan bunga mekar di sepanjang jalan seperti di toko bunga ataupun tanaman liar yang tumbuh di sekitar rumah penduduk.

Apa saja objek wisata Bandungan Semarang? Berikut beberapa diantaranya yang dapat Anda kunjungi.



Rekomendasi Tempat Wisata Bandungan Semarang

Candi Gedong Songo
Candi Gedong SongoAyana Gedong Songo merupakan sebuah objek wisata yang masih berada satu kompleks dengan Candi Gedong Songo. Tepatnya 100 hingga 150 meter dari loket pintu masuk di Candi I.
Candi Gedong Songo di Bandungan, Kabupaten Semarang

Bangunan suci yang memiliki unsur kepercayaan Hindu ini terletak di lereng Gunung Ungaran pada ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut di dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan. Candi ini dikenal sebagai salah satu bangunan paling tinggi di Indonesia.

Candi ini ditemukan pada tahun 1740 oleh Raffles pada abad ke-8 Masehi. Awalnya, Raffles menemukan tujuh candi, tapi pada abad ke-20, dua candi lainnya ditemukan. Karena itu, candi ini dikenal sebagai Candi Gedong Songo (sembilan bangunan).

Namun, jika Anda mengunjungi tempat tersebut, Anda hanya akan menemukan lima kompleks candi, sehingga masih ada misteri yang belum terpecahkan.

Bentuk relief yang ditemukan di candi tersebut membuktikan bahwa candi ini dibangun pada abad ke-7 pada masa pemerintahan Raja Mataram kuno, yaitu Putera Sanjaya. Meskipun begitu, para peneliti masih belum bisa memastikan kapan tepatnya candi ini selesai dibangun.

Fakta menarik dan sering menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang mengunjungi candi ini adalah pemandian air hangat belerang alami yang dapat dinikmati di dekat candi IV dan V.

Selain itu, di wilayah Candi Gedong Songo juga tersedia area perkemahan, jasa fotografi, dan akomodasi yang sering digunakan untuk acara dari berbagai instansi.



Pondok Wisata Umbul Sidomukti
Kolam Renang Umbul Sidomukti
Pemandangan panorama ketinggian di kolam renang Umbul Sidomukti. Foto Dok. Pinhome

Umbul Sidomukti di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang adalah tempat wisata alam pegunungan yang telah dirancang dengan baik oleh pengelola dan dilengkapi dengan beragam fasilitas menarik.

Didirikan pada tahun 2007, tempat ini menyediakan outbond training, tempat renang alami, camping ground, dan lain-lain. Dengan tagline “The Unforgettable Adventure Place”, pengunjung dapat menikmati nuansa dan keseruan yang disediakan pengelola, seperti:

  • Taman renang alam yang dilengkapi dengan berbagai wahana yang memacu adrenalin adalah pilihan tepat bagi pengunjung yang menyukai air. Selain itu, terdapat juga outbond dan kafe yang nyaman untuk mengisi perut setelah beraktivitas fisik.
  • Pondok Kopi yang menjadi favorit kalangan muda dan keluarga, menawarkan makanan lezat dan kopi yang nikmat disantap sambil menikmati udara sejuk. Cocok untuk penyemangat suasana hati saat liburan meski waktu terbatas.
  • Restoran Panorama yang menjadi favorit keluarga, menyajikan menu masakan Chinese dan western dengan suasana yang nyaman. Terletak dekat dengan wahana panahan dan berkuda, menjadikannya pilihan menarik bagi wisatawan.
  • Pondok Lesehan Ikan Bakar yang bernuansa sejuk dan berkapasitas besar sangat menarik bagi penikmat makanan bakar. Cocok untuk kegiatan dengan kapasitas besar seperti reuni, gathering, dan arisan keluarga.
  • Villa Pondok Panorama dan Pondok Wisata, menjadi pilihan bagi wisatawan yang ingin menginap. Nuansa villa dengan model rumah kecil dan pondok wisata yang bermodel cottage menjadi pilihan yang menarik bagi wisatawan yang ingin menikmati lingkungan Umbul Sidomukti.
BACA JUGA  Svargabumi Borobudur Magelang, Wisata Tengah Sawah Yang Instagramable
Taman Bunga Celosia
Taman Bunga Celosia
Taman Bunga Celosia menawarkan sausana Eropa hingga Asia Timur. Foto Dok. babad.id

Taman bunga ini tentunya sudah familiar di kalangan pengunjung yang ingin berlibur. Taman bungan ini dibangun pada tahun 2017 dan terus diperbarui untuk memberikan kepuasan dan kenyamanan bagi para pengunjung. Lokasi wisata terletak di Jln. Wisata Candi Gedong Sono Km 0.5, Desa Candi Kecamatan Bandungan, taman ini buka dari pukul 07.30 hingga 17.30.

Untuk masuk ke taman ini, pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar 20 ribu rupiah pada hari biasa, dan 25 ribu rupiah pada akhir pekan. Tidak hanya bunga yang dapat dilihat di sini, namun juga terdapat banyak fasilitas yang beragam mulai dari spot foto instagramable seperti little korea, lorong bunga, hingga wahana permainan seperti taman domba dan kelinci, kolam renang, trampoline, ATV, Istana balon, dan lain-lain. Sehingga, taman bunga celosia ini sangat sesuai untuk anak-anak.

Selain itu, pengunjung juga dapat menyewa gedung aula pertemuan untuk melangsungkan pertemuan, dan untuk yang suka berfoto ala korea dan jepang, terdapat penyewaan hanbok dan kimono beserta fotografer yang siap mengabadikan momen. Jika pengunjung ingin membawa pulang tanaman, taman ini juga menyediakan tanaman yang dapat dibeli. Untuk informasi lebih lanjut, pengunjung dapat melihat di akun instagram @taman_bunga.celosia.



Ayanaz Gedong Songo

Ayanaz Gedong Songo
Ayanaz Gedong Songo. Foto Dok. Kompas.com

Ayanaz Gedong Songo merupakan sebuah objek wisata yang masih berada satu kompleks dengan Candi Gedong Songo. Tepatnya 100 hingga 150 meter dari loket pintu masuk di Candi I.

Ayanaz Gedong Songo menawarkan 35 tempat foto yang mencakup tenda gelembung dengan dekorasi boneka dan bantal, balon udara, ayunan, kursi-kursi menarik di sekitar kolam, kursi-kursi eksotis, dan sejenisnya.

Jangan ragu-ragu untuk mengunjungi tempat ini karena Ayanaz menyediakan berbagai fasilitas seperti area parkir yang luas, mushola, toilet, dan warung makan yang mudah ditemukan di sekitar lokasi, terutama oleh-oleh khas Semarang.

Tidak hanya itu, ada juga penginapan yang dapat disewa di sekitar area tersebut jika ingin menikmati liburan lebih lama. Jika Anda ingin mengambil foto, sebaiknya hindari datang pada hari libur nasional agar lebih tenang. Jika Anda ingin melihat lebih banyak, ikuti akun Instagram @ayanaz.gedongsongo.

Setiya Aji Flower Farm
Setiya Aji Flower Farm
Setiya Aji Flower Farm, Bandungan, Kabupaten Semarang. Foto Dok. bakpiamutiarajogja.com

Lokasi taman bunga berada di Dusun Ngasem, Kabupaten Bandungan, sekitar 30 km dari pusat kota Semarang jika melewati Jalan Semarang-Surakarta. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan latar belakang foto yang indah dengan berbagai macam bunga warna-warni. Hanya dengan membayar tiket seharga Rp 7.500, Anda dapat menikmati keindahan taman bunga ini sepuasnya.

BACA JUGA  Asal Usul Nama Dieng, Negeri Para Dewa

Tidak hanya itu, taman ini juga sering digunakan sebagai tempat foto prewedding bagi pasangan yang akan menikah. Oleh karena itu, tak heran jika banyak pengunjung yang membawa fotografer pribadi ketika berkunjung ke sana. Untuk menuju ke tempat ini, disarankan menggunakan kendaraan pribadi seperti motor agar terhindar dari kemacetan.

Saat berkunjung, sebaiknya datang di pagi hari terutama pada musim kemarau. Pastikan untuk memakai alas kaki yang nyaman untuk aktivitas di luar ruangan, menjaga agar tidak menginjak tanaman di sana, dan membuang sampah pada tempatnya untuk menjaga keindahan taman bunga ini. Jika Anda ingin menunaikan sholat, jangan khawatir karena tersedia mushola kecil di sana. Pastikan juga membawa perlengkapan ibadah Anda. Jika Anda ingin melihat seberapa indahnya lokasi ini, kunjungi akun Instagram @setiya_aji_flower_farm.

Mawar Camp Area
Mawar Camp Area
Mawar Camp Area Gunung Area dengan pemandangan yang memanjakan mata. Foto Dok. Tribun Wiki

Bagi Anda yang baru mencoba hiking atau tidak ingin langsung mendaki ke pegunungan yang cukup tinggi, Mawar camp adalah tempat yang tepat. Terletak di wilayah Gunung Ungaran, tempat ini menawarkan pemandangan indah pegunungan Ungaran.

Terletak di Dusun Kluwihan, Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, kawasan basecamp ini sering dikunjungi oleh banyak pengunjung. Bukan hanya karena sedang populer di Semarang, namun juga karena fasilitas dan pemandangan yang ditawarkan mampu menarik pengunjung dari Semarang dan daerah sekitarnya.

Jika Anda melakukan perjalanan dari Semarang, cukup masuk ke kawasan Bandungan, dan setelah sampai di Pasar Jimbaran, ikuti saja petunjuk arah ke Basecamp Mawar yang sejajar dengan Pondok Kopi dan Umbul Sidomukti.

Basecamp ini dilengkapi dengan fasilitas berupa mushola, toilet, dan warung makan yang buka 24 jam. Anda dapat menikmati kegiatan menarik seperti menikmati matahari terbit dan terbenam yang indah, menikmati pemandangan dan berfoto di sekitar lampu hias di area basecamp, atau hanya sekedar berjalan-jalan di area kebun teh dan kopi dengan teman atau keluarga. Pastikan Anda datang pada jam operasional pukul 13.00 – 19.00 WIB.

Kampung Krisan Clapar
Wisata Kampung Krisan Clapar
Wisata Kampung Krisan Clapar Bandungan. Foto Dok. Kemenparekraf

Kampung ini dikenal sebagai Kampung Krisan karena keberlimpahan tanaman Krisan yang lebih dikenal sebagai Golden Flower di kawasan perkebunan di sini. Wisata Kampung Krisan merupakan taman bunga yang terletak di Kecamatan Bandungan, tepatnya di Jalan Kendalisodo, Dusun Clapar, Desa Duren, Semarang.

Kebun bunga Krisan yang khusus ini memiliki luas tujuh hektar dengan minimal 20 jenis bunga Krisan yang beragam warnanya dan pasti akan memanjakan mata Anda. Selain itu, Anda dapat menikmati pemandangan sawah yang indah yang sulit ditemukan di daerah perkotaan.

Ingin melakukan aktivitas lain selain hanya melihat pemandangan? Tentu saja, Anda dapat mencoba belajar menanam bunga dan cara memanennya. Setelah itu, Anda dapat membawa pulang bunga Krisan yang dibungkus cantik oleh pengelola sebagai oleh-oleh.

Selain itu, Anda juga dapat bermain dengan ratusan marmut lucu yang ada di taman marmut dan membawa salah satunya menjadi hewan peliharaan baru.

Bagi yang ingin melihat keindahan kebun bunga ini, bisa dilihat di Instagram @kampungkrisanclapar.



Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...