Jowonews

Logo Jowonews Brown

Madhang

Warung Lotis Mbah Sumi, Menikmati Kelezatan Lotis dengan Pemandangan Telaga Rowo Batuwarno Wonogiri

Warung Lotis Mbah Sumi Wonogiri

Cuaca panas seperti sekarang ini bisa membuat kita merasa cepat haus. Salah satu hidangan yang cocok untuk menyegarkan diri di tengah cuaca yang terik adalah lotis. Dan jika Anda berada di Kabupaten Wonogiri, ada tempat istimewa yang dapat Anda kunjungi, yaitu warung lotis Mbah Sumi di Telaga Rowo Batuwarno Wonogiri.

Seperti lotis pada umumnya, hidangan di warung Mbah Sumi ini terdiri dari irisan buah-buahan yang agak mentah dan agak besar, disajikan dengan sambal manis yang terbuat dari gula jawa, cabai, garam, dan bumbu-bumbu lezat lainnya.

Salah satu nilai lebih jajan lotis di warung Mbah Sumi ini adalah Anda dapat merasakan kelezatan lotis sambil menikmati panorama indah Telaga Rowo Batuwarno.

Warung lotis Mbah Sumi ini terletak di Dusun Rowo, Desa Sumberejo, Kecamatan Batuwarno, tepatnya di utara Telaga Rowo atau Jalan Raya Baturetno-Batuwarno.



Tampilan warung ini sederhana namun khas. Bangunan warung terbuat dari kayu dengan sebagian bagian terbukanya sengaja dirancang untuk memberikan pengunjung pilihan tempat makan yang nyaman.

Ketika Anda datang ke warung lotis ini, Anda bisa memilih apakah ingin menikmati hidangan di dalam warung atau di tepi telaga yang lebih sejuk. Jika Anda mencari suasana yang lebih segar, maka duduk di pinggiran telaga adalah pilihan yang tepat. Di sini, Anda dapat merasakan hembusan angin yang lebih segar dan kencang.

Mbah Sumi yang kini telah berusia sepuh meneruskan usaha warung lotis ini dengan bantuan anak dan menantunya, Nur. Warung ini sudah berdiri sejak tahun 1980.

Menurut Nur, sambal lotis yang melegenda ini dibuat oleh suaminya Mbah Sumi, yang bernama Mbah Rakino. Saat ini, Mbah Rakino berusia 74 tahun.

Komposisi buah-buahan yang digunakan untuk lotis Mbah Sumi sama seperti yang umumnya digunakan. Ada timun, bengkoang, semangka, mangga, nanas, dan banyak lagi.

BACA JUGA  Rekomendasi Oleh-oleh Semarang untuk Keluarga di Rumah

Satu hal yang harus Anda tahu adalah sambal lotisnya cukup pedas. Selain itu, porsi sambalnya juga cukup banyak. Bahkan ketika buah-buahannya sudah habis, sambalnya masih tersisa. Jadi, Anda bisa menikmati sambal dengan kerupuk atau rambak.

Harga satu porsi lotis di warung Mbah Sumi adalah Rp 10.000. Porsinya cukup banyak, sehingga ketika disajikan di piring, irisan beragam buahnya menumpuk tinggi.

Warung lotis ini buka setiap hari, kecuali pada hari Selasa, dari pagi hingga sore. Namun, pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur, warung ini seringkali ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang datang menikmati Telaga Rowo. Jadi, jika Anda berencana mengunjungi Wonogiri, pastikan Anda datang dan menikmati kelezatan lotis di warung Mbah Sumi.

Foto dok. Detik Jateng

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...